TERIMA KASIH ANDA MENYEMPATKAN BERKUNJUNG KE AMIR BLOG | MEDIA EDUKASI DAN INFORMASI

Sabtu, 10 Mei 2014

Ekskul Robotic SMP Muhammadiyah 2 Metro

Posted by Amir Blog on 18.42 with No comments
Istilah robotik atau robotika dapat dimaknai sebagai ilmu yang mematerikan kecerdasan/intelegensia terhadap energi, artinya pengendalian secara cerdas  terhadap gerakan yang terkoordinasi secara nyata. Istilah ini diperkenalkan oleh Isaac Asimov untuk pertama kalinya dalam cerita pendeknya yang berjudul Runaround yang terbit tahun 1942.

Ekskul Robotik SMP Muhammadiyah resmi louncing pada April 2014 Kemarin Bersamaan dengan  Acara Gebyar Anak Sholeh (GAS) Tahap III Se-Kota Metro, dimana Ekskul ini diharapkan sebagai wadah siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya di bidang robotika. Robot yang telah dimiliki adalah Line Traccer dan Robot Soccer Evolution.

Line Tracer dalah sebuah robot yang dapat mengikuti garis yang didukung oleh rangkain komponen elektronika yang dilengkapi dengan roda dan digerakan oleh motor. Pengendalian kecepatan sangat bergantung pada batas putaran dan pergesekan antara ban robot dengan lantainya. Robot tersebut dirancang untuk bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti sebuah alur garis yang dibuat. Untuk membaca garis, robot dilengkapi dengan sensor optik yang diletakkkan diujung depan dari robot tersebut. Line tracer mikro ini memiliki jenis dan bentuk serta memiliki beberapa sistem penggerak dan pengendali sebagai pengatur kinerja yang beraneka ragam sesuai dengan kreatifitas pembuatnya. Pada perancangan proyek line follower robot kali ini akan dibahas dan dianalisi lebih dalam terhadap faktor suatu kecepatan robot dengan gerkannya yang dikontrol oleh pengendali Proportional Integral Derivative (PID) sehingga gerakan robot dapat dinamis sesuai dengan track yang akan diujikan.

Berikut ini Foto-foto kegiatan Ekskul Robotik










Untuk melihat di Facebook klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar